Ticker

6/recent/ticker-posts

Ad Code

Binaan Bakti BCA sejak 2018, Desa Terong Masuk Nominasi Desa Wisata Terbaik dari Kemenparekfraf RI

Belitung, Potretbabel.com - Desa Wisata Kreatif Terong terpilih sebagai salah satu dari 75 nominasi Desa Wisata Terbaik di Indonesia versi Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Desa yang terletak di Kabupaten Belitung ini dahulu merupakan lokasi bekas tambang timah yang sudah tidak beroperasi. Namun, kelompok sadar wisata (Pokdarwis) bersama masyarakat berhasil menyulap kolam bekas tambang tersebut menjadi destinasi wisata.
Desa Wisata Kreatif Terong merupakan salah satu dari Desa Binaan Bakti BCA sejak 2018, dan masuk dalam nominasi Desa Wisata Terbaik ADWI 2023 setelah melalui seleksi ketat 4.573 peserta desa wisata lainnya. 

Tim Dewan Juri ADWI 2023 telah melakukan penilaian dan peninjauan Desa Wisata Kreatif Terong secara langsung sejak tanggal 1 Juni 2023.

Menteri Pariwisata & Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Menparekraf RI) Sandiaga Uno juga turut melakukan visitasi. Adapun Kepala Dinas Pariwisata, Budaya, Kepemudaan, dan Olahraga Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Wydia Kemala Sari, Bupati Belitung Sahani Saleh, Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie, serta Vice President CSR BCA Nona Faletta Aryuni Sumanang ikut hadir mendampingi Menparekraf RI.

“Hal ini merupakan suatu prestasi besar, karena bekas tambang tapi menjadi berkah dan insya Allah menghasilkan pundi-pundi rupiah bagi masyarakat setempat. Tanpa ragu-ragu, Desa Wisata Kreatif Terong hari ini saya nyatakan desa wisata terbaik Indonesia. Saya berharap seluruh pihak, baik pemerintah daerah, masyarakat, maupun BCA sebagai pihak swasta, dapat selalu bersinergi untuk terus mendukung peningkatan kualitas pariwisata dan ekonomi kreatif Belitung, khususnya di Desa Wisata Kreatif Terong,” ujar Sandiaga Uno.

Dengan pengalaman membina desa wisata di Indonesia, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) meyakini terpilihnya Desa Wisata Kreatif Terong dapat menjadi penggerak ekonomi masyarakat di Desa Terong, Kabupaten Belitung.

“Kami bangga Desa Wisata Binaan Bakti BCA dapat masuk sebagai nominasi Desa Wisata Terbaik di Indonesia versi ADWI 2023. Kami harap pencapaian ini dapat memberikan nilai tambah kepada masyarakat Kabupaten Belitung, khususnya masyarakat Desa Wisata Kreatif Terong. Secara khusus, kami ingin memberikan apresiasi bagi segenap pengurus desa yang telah bekerja keras mengembangkan desa ini. Kami pun berterima kasih atas dukungan Pemda setempat dan Kemenparekraf atas inisiasi program ADWI yang telah menciptakan momentum kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia,” kata Antonius Widodo selaku Direktur BCA.

Desa wisata Terong sendiri memiliki potensi wisata yang kaya. Para wisatawan dapat menikmati sajian wisata budaya Desa Kreatif Terong berupa seni tari tradisional dan musik Gambus yang tergabung dalam Sanggar Tari Aik Rusa Berehun.

 Tak hanya itu, wisatawan juga dapat merasakan keindahan alam Desa Kreatif Terong seperti, pantai, hutan mangrove, perbukitan di Bukit Tebalu Simpor Laki, kuliner khas Desa Terong, hingga hasil kerajinan tangan seperti anyaman dan sulam karya ibu-ibu Desa Terong.

Daya tarik unik lainnya dari Desa Wisata Terong adalah keberadaan bekas tambang timah milik masyarakat yang telah direklamasi secara swadaya. Lokasi bekas tambang timah masyarakat tersebut ditanami tumbuhan dan dibangun berbagai fasilitas serta sarana prasarana wisata seperti kolam pancing, pondok tempat pertemuan, kantin, mushola, toilet, dapur tradisional untuk masak, warung tempat berjualan produk UMKM hingga tempat pertunjukan seni tari dan musik Gambus.

Berada di jalur utama Pariwisata Belitung dan berdekatan dengan banyak lokasi wisata, pusat kota Tanjungpandan, hingga Bandara Internasional HAS Hanandjoedin, membuat Desa Wisata Kreatif Terong strategis dan mudah diakses. 
Dukungan BCA Dorong Desa Terong Masuk Nominasi Desa Wisata Terbaik ADWI 2023

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno (kanan) memberikan selamat kepada Vice President CSR BCA Nona Faletta Aryuni Sumanang (tengah) dan PIC Desa Wisata Kreatif Terong Iswandi (kiri) dalam acara kunjungan, penilaian, serta peninjauan Desa Wisata Kreatif Terong untuk Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023. 

Bakti BCA berkomitmen senantiasa mendukung Desa Terong untuk memaksimalkan potensi wisata yang dimiliki sebagai kebanggaan masyarakat Belitung.
Program Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 merupakan kompetisi tahunan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Dari total 7.275 desa wisata di Indonesia (data Kemendes PDTT), sebanyak 4.573 desa telah terpilih untuk mengikuti ajang ADWI 2023. 

Saat ini, rangkaian kegiatan ADWI 2023 telah melewati berbagai tahap kurasi yang dilakukan oleh dewan juri. Proses kurasi dimulai dengan pemilihan 500 desa wisata terbaik yang kemudian dikerucutkan menjadi 300 besar, hingga akhirnya terseleksi 75 desa wisata pilihan.

“Sebagai bagian dari perbankan nasional, BCA mendukung penuh program pemerintah Bangga Berwisata #DiIndonesiaAja yang tentunya di perkuat dengan penyelenggaraan ADWI ini. Selain memperkenalkan budaya dan tradisi leluhur masyarakat adat Belitung, anugerah ini memberikan motivasi tambahan bagi kita semua agar meningkatkan kualitas pariwisata Indonesia, " 

Dengan mengikuti ajang ini, kami sungguh berharap Desa Wisata Kreatif Terong yang juga merupakan Desa Binaan Bakti BCA dapat dikenal lebih banyak turis sehingga mampu menjadi salah satu roda penggerak perekonomian warga Belitung,” tutup Hera F. Haryn selaku Executive Vice President Corporate Communication & Social Responsibility BCA.
 
Reactions

Post a Comment

0 Comments