Ticker

6/recent/ticker-posts

Ad Code

Aktivitas Tambang Timah Rambah Geosite Garu Medang


BELITUNG TIMUR, POTRETBABEL.COM – Aktivitas tambang timah jenis rajuk suntik mulai merambah kawasan Geosite Garu Medang, Desa Sukamandi, Kecamatan Damar, Kabupaten Belitung Timur.

Hal tersebut diketahui saat salah seorang warga setempat memberitahukan kepada awak media Potretbabel.com,Kamis,(9/2/2023), Mengenai aktivitas tambang ilegal dilokasi tersebut, Bahkan para penambangan juga menitipkan mesin di sebuah warung yang tidak jauh dari lokasi geosite. 

" Ade yang nambang timah dilokasi Geosite Garu Medang, bahkan penambang juga nitip mesin di warung yg ngak jauh dari kawasan Geosite ", ujar salah seorang warga yang tidak mau disebutkan namanya. 

Dalam melancarkan aksinya, para penambang timah jenis rajuk suntik ini, melakukan secara diam-diam, terkadang mereka melakukannya dimalam hari.

Sementara itu, Veriyadi selaku pengelola Geosite Garu Medang  setelah mengetahui perihal tersebut, langsung mendatangi lokasi penambangan dan mendapatkan satu unit mesin jenis rajuk suntik yang sedang beroperasi di lokasi tersebut. 

" Setelah mendapatkan kabar mengenai hal tersebut, saya langsung cek kelokasi dan saya menemukan satu unit mesin yang sedang operasi ", kata veriyadi. 

Veriyadi menambahkan, berdasarkan pengakuan warga ada beberapa set mesin yang beroperasi di lokasi tersebut, namun lokasinya agak sulit dijangkau (jauh-red), sehingga membuatnya kesulitan untuk menemukan mesin yang lainnya. 

Meskipun aktivitas tambang tersebut terlihat baru, namun dampaknya sudah mulai kelihatan, hal tersebut di ketahui dari kondisi air yang tercemar serta banyaknya Pohon-pohon yang tumbang. 

" berdasarkan pengakuan warga ada beberapa set mesin yang beroperasi di lokasi tersebut, namun lokasinya agak sulit dijangkau, kondisi air sudah mulai tercemar dan Pohon-pohon juga banyak yang tumbang ", jelas Veriyadi. 

Veriyadi berharap supaya aparat penegak hukum ataupun instansi terkait untuk segera menghentikan aktivitas penambangan timah tersebut, Sebab hal ini sudah merugikan pengembangan wisata di desa dan menunjang pendapatan ekonomi masyarakat.

" Harapan kami supaya aparat penegak hukum ataupun instansi terkait untuk segera menghentikan aktivitas penambangan timah tersebut, Sebab hal ini sudah merugikan pengembangan wisata di desa dan menunjang pendapatan ekonomi masyarakat ". (Tasyadi) 

Reactions

Post a Comment

0 Comments