Ticker

6/recent/ticker-posts

Ad Code

BUMDES Alami Kerugian Rp 275 Juta, Pemerintah Desa Air Selumar Minta Pertanggungjawaban

Belitung, Potretbabel.com - Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Desa Air Selumar, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, rugi hingga 275 Juta rupiah. 

Perihal tersebut diketahui saat Pemerintah Desa Air Selumar meminta Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) kepada Direktur BUMDES Gilang Ramadan beberapa waktu yang lalu.

Kepala Desa Air Selumar, Mahdani saat di konfirmasi awak media Potretbabel.com Rabu (10/5/2023) mengatakan, mengenai Laporan Pertanggungjawaban terkait penggunaan dana Desa sebesar 510 juta rupiah Sempat ditolak, karena dianggap tidak sesuai. 

" Terkait penggunaan dana Desa yang di pergunakan BUMDES, sudah dibuatkan LPJnya, namun ditolak karena dianggap tidak sesuai, " Kata Mahdani. 

Mahdani menambahkan, Mengenai permasalahan Dana tersebut, dirinya tidak mengetahui secara rinci, karena baru menjabat sebagai Kepala Desa (Kades). 

" Untuk secara rincinya saya kurang tau, karena saya baru menjabat sebagai Kades, " Ujar Mahdani. 

Sementara itu, sekretaris Desa(Sekdes) Deki menjelaskan, BUMDES mulai ditahun 2017 dan berhenti di tahun 2021 dengan alasan banjir, barang-barang hilang (dicuri-red) serta barang-barang kadaluarsa. Ada beberapa jenis usaha yang di lakukan BUMDES diantaranya, Berkah mart, yang merupakan program gubernur, BRI Link dan Gas. 

" BUMDES mulai tahun 2017,berhenti tahun 2021dengan alasan banjir, barang-barang hilang serta kadaluarsa. Ada beberapa jenis usaha yang di lakukan BUMDES diantaranya, Berkah mart, BRI Link dan Gas, " Jelas Deki. 

Lanjut Deki, " untuk Berkah mart mendapat bantuan dari Gubernur sebesar 100 Juta rupiah, dimana 90% digunakan untuk BUMDES, 10% digunakan untuk keparluan Desa membeli laptop ", 

" Sedangkan dana penyerta dari Desa di tahun 2017 sebesar 140 Juta rupiah dan di tahun 2018 sebesar 280 Juta rupiah, jadi total dana yang di gunakan BUMDES sebesar 510 Juta rupiah, " Papar Deki. 

Deki menambahkan, dalam waktu dekat Pemerintah Desa akan kembali melayangkan surat kepada pihak BUMDES agar segera melengkapi Laporan Pertanggungjawaban serta mengembalikan barang-barang yang menjadi aset BUMDES dan Pemerintah Desa, supaya bisa digunakan oleh pengurus yang baru. 

" Dalam waktu dekat Kami akan kembali melayangkan surat kepada BUMDES, agar segera melengkapi LPJnya serta mengembalikan semua barang-barang supaya bisa digunakan oleh pengurus yang baru, " Tutupnya. (Red) 

Reactions

Post a Comment

0 Comments