Ticker

6/recent/ticker-posts

Ad Code

BUPATI BELITUNG DORONG DESA DAN KELURAHAN LAKUKAN DIGITALISASI PENGELOLAAN PEMERINTAHAN DAN PELAYANAN PUBLIK

TANJUNGPANDAN - Bupati Belitung Sahani Saleh, S.Sos dorong seluruh Kepala Desa dan Lurah mulai untuk melakukan digitalisasi pelayanan publik dan pengelolaan pemerintahan desa dan kelurahan di Kabupaten Belitung.

Arahan tersebut disampaikan Bupati Sahani dihadapan Kades dan lurah se-Kabupaten Belitung saat melakukan kunjungan kerja dan studi lapangan ke Desa Digital dan Desa Wisata yang ada di Kalurahan Pleret, Bantul, Yogyakarta, Kamis (23/02/2023).

Menurut Bupati Sahani, Kepala Desa dan Lurah jangan hanya fokus kepada pembangunan fisik saja, namun juga pembangunan non fisik, seperti digitalisasi pengelolaan pemerintahan dan pelayanan publik agar pelayanan kepada maayarakat dapat lebih efektif dan efisien.

" Pengelolaan pemerintahan sudah harus menyesuaikan dengan perkembangan era digitalisasi, agar pelayanan kepada masyarakat lebih efektif dan efisien " ujar Bupati Sahani

Sahani Saleh berharap bisa meniru proses membangun desa digital yang ada di Kalurahan Pleret ini agar nanti bisa diaplikasikan di Kabupaten Belitung. 

" kami ingin melihat sekaligus meniru proses membangun desa digital yang ada di Kalurahan Pleret ini agar nanti bisa diaplikasikan di Kabupaten Belitung " Ungkap Bupati Belitung. 

Kalurahan Pleret merupakan salah salah pemerintahan setingkat desa dan kelurahan yang sudah menerapkan digitalisasi dalam pengelolaan pemerintahan maupun pelayanan publiknya dan sudah menjadi yang terbaik di tingkat kabupaten dan provinsi di DI Jogyakarta hingga menempati urutan ketiga nasional.

Menurut Kalurah Pleret, Taufik Kamal, S.kom, MCs, masyarakat dapat mengakses seluruh informasi hingga pelayanan publik, surat menyurat, pariwisata, produk hukum, budaya data kependudukan Kalurahan Pleret hanya melalui website Pleret.id

Masyarakat yang ingin mendapatkan layanan surat menyurat, dapat dilakukan melalui website tanpa perlu datang ke Kalurahan, masyarakat cukup mengisi kolom-kolom yang sudah disediakan dan surat elektronik tersebut akan dikirimkan melalui whatsapp dan bisa dipergunakan secara resmi.

" Masyarakat yang membutuhkan layanan surat menyurat dapat terlayani dalam waktu yang beberapa menit saja, namun pelayanan manual juga tetap kami layani " ungkap Taufik.

Lebih lanjut Taufik menjelaskan bahwa sistem yang dibangun di Kalurahan Pleret berbasis Data kependudukan mulai dari alamat, data diri, status, demografi, data keluarga hingga foto diri dan rumah penduduk.

" Data tersebut memudahkan saya untuk mengambil keputusan, dalam menentukan program kedepan atau pemberian bantuan " ungkap Taufik yang terpilih menjadi Kalurahan Pleret sejak tahun 2020.

Di sektor pengelolaan keuangan, seluruh  pengelolaan keuangan Kalurahan Pleret dilakukan secara terbuka, baik pendapatan, bagi hasil hingga pengeluaran dipublish secara realtime melalui website dan bisa diakses oleh masyakat kapan saja.

Dalam pembangunan, Kalurahan Pleret telah memiliki masterplan pembangunan bekerja sama dengan universitas-universitas yang ada di Yogyakarta dan bisa diakses di website Pleret.id

Untuk pariwisata Kalurahan Pleret juga menyediakan website VisitPleret.id yang menyediakan berbagai informasi kepariwisataan, baik itu destinasi wisata, produk2 UMKM hingga paket-paket wisata.(tas) 
Reactions

Post a Comment

0 Comments