Ticker

6/recent/ticker-posts

Ad Code

PERCEPAT PROGRAM YUK GI NYELIK PASIEN, TUJUH PUSKESMAS DI BELTIM TERIMA 14 UNIT KENDARAAN RODA DUA

 
MANGGAR, POTRETBABEL.COM – Tujuh Puskesmas di Kabupaten Belitung Timur (Beltim) menerima bantuan kendaraan roda dua dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Beltim, Selasa (18/01). Bantuan ini berjumlah 14 unit dan masing-masing Puskesmas mendapatkan 2 unit motor yang akan digunakan untuk pelayanan pada program “Yuk Gi Nyelik Pasien” (YGNP).

Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKPPKB) Kabupaten Beltim, Muhamad Yulhaidir mengatakan bantuan yang diberikan melalui dana APBD ini merupakan salah satu dukungan Pemkab Beltim dalam mempercepat pelayanan pada kegiatan YGNP di wilayah Beltim. 

“Ini untuk mempercepat kegiatan Yuk Gi Nyelik Pasien, salah satunya melalui sarana dan prasarana dan indikatornya adalah untuk memberikan kemudahan, jadi hari ini kita serahterimakan kunci untuk pelayanan agar memudahkan mereka (petugas) di lapangan,” jelasnya

Ditambahkan Yulhaidir penggunaan motor dilakukan pada saat jam layanan terkhusus pada pelayanan luar gedung dan berharap pemanfaatannya bisa tepat sasaran. Sosialisasi akan terus dilakukan DKPPKB agar masyarakat bisa memahami dan mendapatkan haknya dalam program YGNP ini.

“Jadi jangan berpikir bahwa nanti malam hari itu ada petugas lain, kalau yang sifatnya jam layanan silahkan, jam layanan di luar gedung namanya. Tapi kalau posisi pada sore dan malam hari akan kembali kepada UGD, karena UGD juga masih harus difungsikan sebagaimana mestinya,” tegas Yulhaidir.

Lebih lanjut dia mengatakan program YGNP sudah berjalan sejak tahun 2021 dan tetap dievaluasi perkembangannya terhadap sistem, kemudahan layanan dan SOP terkait pelayanannya.

“Nanti akan kita evaluasi apakah unit yang tersedia masih perlu ditambah lagi atau tidak. Apalagi jika berdasarkan data di suatu desa tertentu ternyata jumlah kasusnya cukup banyak sehingga tidak memungkinkan dilakukan hanya dua unit atau dua tim saja,” tuturnya.

Selain sarana dan prasarana pada program YGNP, Yulhaidir juga menjelaskan akan melengkapi peralatan kesehatan baik di Puskesmas maupun Rumah Sakit rujukan demi pelayanan yang lebih baik terhadap masyarakat Beltim. (Ln/rls)
Reactions

Post a Comment

0 Comments